Punguan Hutauruk Dohot Boru Se-Jabodetabek

Posted on September 2, 2009 by Maridup Hutauruk

Posting ini dipetik dn bersumber dari web-blog dondaujung.wordpress.com sebagai cikal bakal dibentuknya situs ini dondaujunghutauruk.wordpress.com yang dikhususkan untuk Punguan Hutauruk & Boru-Bere Se-Jabodetabek. Silahkan klik >>> dondaujung.

 

Punguan Hutauruk Dohot Boru Se-Jabodetabek

Punguan Hutauruk Dohot Boruna Se-Jabodetabek sudah didirikan sejak tahun 1962 dan sampai saat ini kepengurusannya mencakup wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi yang dibagi menjadi 20 wilayah koordinasi yang disebut Kordinator Wilayah (Korwil). 20 Korwil mengkordinir sebanyak 53 Rayon yang diketuai oleh masing-masing Ketua Rayon yang disebut Komisaris Rayon. Kepengurusannya terdiri dari Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Rayon yang menjadi pengurus harian di masing-masing kekuasaan di pusat, wilayah, dan rayon.

Pengurus Harian Pusat diketuai oleh seorang Ketua Umum yang terpilih dari salah satu ompu secara bergantian setiap periodenya (Raja Sumonggop, Janjang Barani, Ompu Nasumurung, Ompu Hapal Tua) dan setiap periode kepengurusan dijalankan selama 2 tahun. Ketua Umum dibantu oleh empat orang yang disebut Ketua-I, Ketua-II, Ketua-III, Ketua-IV. Empat orang ketua yang membantu Ketua Umum tidak dipilih berdasarkan jumlah 4 ompu, melainkan berdasarkan kesiapan, kecakapan dan kemampuan untuk mengelola sebuah organisasi marga. Disamping jabatan Ketua, maka punguan juga memiliki jabatan masing-masing Sekretaris dan Wakil Sekretaris, serta masing-masing seorang Bendahara dan Wakil Bendahara.

Koordinator Wilayah (Korwil) tidak memiliki bagan kepengurusan dan terpilih berdasarkan kesediaan dan tanggung jawab moral untuk mengkordinir beberapa rayon, sedangkan kepengurusan rayon diserahkan pembentukannya langsung oleh anggota yang bernaung di wilayah rayon masing-masing dan dapar menjadi kepengurusan yang memiliki bagan organisasi sesuai kebutuhannya.

Dulunya Punguan Hutauruk Dohot Boruna Se-Jabodetabek menaungi sebuah Yayasan Bantuan Pendidikan yang pengorganisasiannya terpisah dari organisasi punguan. Sesuai perkembangannya, Yayasan Bantuan Pendidikan telah dilebur dan tidak berdiri sendiri lagi melainkan menyatu dibawah organisasi punguan.

Disamping pengorganisasian punguan diurus oleh Pengurus Harian yang terdiri dari 1 orang Ketua Umum, 4 orang Ketua (pembantu Ketua Umum), 2 orang Sekretaris dan wakilnya, dan 2 orang Bendahara dan wakilnya. Punguan memiliki sebentuk lembaga tinggi yang disebut Majelis Perwakilan Pinompar Donda Ujung (MPPDU) yang bermasa tugas 5 tahun dan memiliki kekuasaan tertinggi di punguan untuk merubah Anggaran Rumah Tangga (ART), mengangkat dan memberhentikan kepengurusan organisasi, menyelesaikan permasalahan apabila tidak terselesaikan oleh Pengurus Harian. Pengurus dari MPPDU terdiri dari 17 orang dan masing-masing adalah: 1 orang mantan Ketua Umum periode kepengurusan punguan sebelumnya dan 4 orang dituakan mewakili masing-masing ompu, 4 orang mewakili anah Hutauruk dari 4 ompu, 4 orang mewakili boru dari masing-masing 4 ompu.

Jumlah keanggotaan Punguan Hutauruk Dohot Boruna Se-Jabodetabek berjumlah sekitar 1145 KK yang terdata dan terdaftar, sementara dengan yang belum terdaftar sebagai anggota diperkirakan menjadi sekitar 1400 KK.

Susunan Pengurus Periode Kepengurusan 2008-2010:

Ketua Umum: Jhonny Hutauruk
Ketua-1: Rizal Hutauruk, SH.
Ketua-2: Mangapul Hutauruk
Ketua-3: Paido Hutauruk
Ketua-4: Naek Hutauruk
Sekretaris-1: Sabar Hutauruk
Sekretaris-2: Charles Manurung
Bendahara-1: Jenny br. Hutauruk
Bendahara-2: Sitanggang
Seksi Umum: Ronald Hutauruk

Catatan Aktivitas:

A. Laporan Keuangan Semester-I (Jan-Jun) 2010.

Iseng-iseng, coba lihat suasana Rapat Pengurus Harian>>>disini.

B. Sumber Pendanaan

  1. Sumber pendanaan utama punguan adalah dari iuran keanggotaan yang besarnya Rp 120.000 per tahun atau Rp 10.000 perbulan, yang peuntukannya adalah untuk kegiatan sosial khususnya internal kepada anggota Punguan Hutauruk di Jabodetabek, namun tidak terlepas pula untuk Hutauruk di luar punguan.
  2. Sumber pendanaan lainnya adalah dari sumbangan sukarela anggota atau donasi melalui pelaksanaan lelang pada saat pesta bonataon.
  3. Penerimaan dari Donatur
  4. Mungkin anda menyusul memberikan partisipasinya.

Pengeluaran pendanaan pada kegiatan-kegiatan yang umum dilaksanakan adalah pemberian bantuan, seperti:

  1. Bantuan dana prihatin untuk warga Hutauruk Jabodetabek yang sakit, besarannya sesuai AD/ART.
  2. Bantuan dana belangsungkawa (turut berdukacita) untuk warga Hutauruk Jabodetabek yang kemalangan, besarannya sesuai AD/ART
  3. Bantuan berupa santunan pendidikan sebatas kemampuan kas keuangan Punguan
  4. Kewajiban adat, seperti pemberian tumpak atau ulos dari punguan untuk warga yang mengadakan pesta adat, seperti perkawinan, dll.
  5. Kegiatan Bonataon (ngumpul bareng) untuk semua anggota Punguan Hutauruk Jabodetabek, yang biasanya dilaksanakan sekali setahun pada minggu terawal setiap awal tahun.
  6. Bantuan khusus untuk warga Hutauruk (kolektif) bila terkena musibah atau bencana. Besarannya semampu kas-keuangan Punguan.
  7. Kegiatan-kegiatan lain yang tidak diuraikan disini.

Bila warga Hutauruk dimanapun berada, khususnya warga Hutauruk Jabodetabek, bila merasa terpanggil untuk memberikan sumbangan khususnya pendanaan, boleh ikut berpartisipasi untuk membantu agar Punguan berkemampuan melaksanakan program sosialnya. Mauliate.

C. Kegiatan Sosial

  1. Besuk dan doa peneguhan iman bagi warga yang sakit (opname),
  2. Penghiburan bagi keluarga yang mendapat kemalangan (monding),
  3. Bantuan dana santunan,
  4. Ngumpul bareng pengucapan syukur pada bonataon.
  5. Dan lain-lain.

Sumber: dondaujung.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: