Masih Belum Punya Uang

 

Semenjak Panitia Bona Taon 2011, Punguan Hutauruk Jabodetabek dibentuk pada bulan Agustus 2010, sudah dilakukan kunjungan anjangsana ke beberapa keluarga Hutauruk yang berpotensi untuk membantu kepanitiaan mendapatkan dana. Terkadang terasa mengganggu kalau harus berkunjung sampai malam hari, karena harus dimaklumi juga bahwa mereka sebenarnya sudah capek dan letih sepulang dari bekerja. Tetapi panitiapun hanya mampu memanfaatkan waktu yang tidak begitu beresiko terhadap periuk nasinya (pekerjaan).

Sebenarnya sudah terpikirkan bagaimana caranya untuk menyenangkan semua pihak, baik kepada calon donatur maupun kepada panitia yang sedang berusaha untuk memberi pemahaman yang sama bahwa hajatan ini adalah sepenuhnya untuk kepentingan bersama.

Ada kalanya panitia yang akan berkunjung ke rumah keluarga Hutauruk calon donatur melakukan hubungan telepon terlebih dahulu dengan maksud kedatangan kunjungan ke rumah diketahui sebelumnya. Bukan maksudnya agar disediakan suguhan makanan-minuman yang merepotkan, atau menginginkan donasi dalam bentuk cash on visiting, tetapi banyak hal yang ingin diketahui oleh Panitia yang notabene adalah Pengurus Punguan Juga. Terkadang perlu juga untuk updating data keluarga yang mungkin ada perubahan-perubahan pada tahun berjalan selama ini. Adapula perlunya untuk sharing bagaimana mengembangkan punguan dikemudian hari.

Salah seorang panitia mencoba menekan tombol-tombol key-pad pada hand-phonenya untuk menghubungi salah satu calon donatur yang terdaftar sesuai hasil rapat. Ada nada tersambung diujung sana, dan kemudian terdengar: “Hallo, Horas Amang/ Amang Tua/ Amang Uda/ Anggi, boha do kabar disi? Hami sian Panitia Bonataonta, naeng berkunjung do nian tu jabu sambil manghatahatai. Andigan ma boi pajumpa hita di jabu?” Lalu terdengar balasan dari ujung sana: “Bah, songonon bah, ai sibuk do nuaeng di kantor nami bah, nga hampir tonga borngin boi sahat di jabu,” demikian balasan dari ujung sana karena seolah sudah tau bahwa hubungan telepon pada akhir-akhir tahun seperti ini adalah urusan uang. Lalu komunikasi berlanjut: “Songon on ma i, unang pola loja hamu, sms ma nomor rekening ni panitia i, hu kirim pe na boi tolap niba ate !” Bagi panitia, hal yang seperti ini membawa efek yang kurang pas dari segi tertib administrasi, disamping tidak ada kepastian dana yang masuk, juga formulir donatur dan bukti-bukti penerimaan tidak berjalan semestinya.

Ada kalanya Panitia melakukan kunjungan Tembak Langsung dengan resiko tidak ketemu dengan keluarga pemilik rumah. Tetapi bagi panitia hanya ingin menyampaikan pesan yang dimandatkan oleh keputusan dalam rapat-rapat, yaitu untuk menyampaikan Formulir Donatur, karena sebagai sebuah organisasi tentu harus menerapkan tertib administrasi, apalagi yang berbentuk uang (donasi).

Tidaklah segampang yang dibicarakan untuk pengumpulan dana kepanitiaan seperti ini. Dari puluhan berkas Formulir Donatur yang sudah disampaikan sampai dengan saat ini, hanya Rp 3 jt yang masuk ke rekening, padahal panitia sudah harus mengeluarkan dan untuk down-payment berbagai keperluan, seperti sewa gedung, booking musik, persiapan kelengkapan pesta seperti barang cetakan, konsumsi, dan lain-lain.

Memang Bangsa Batak sekarang ini boleh dikatakan sebagai bangsa yang diberkati. Banyak hal-hal yang mujijat sering terjadi walaupun secara logika hampir tidak memungkinkan melaksanakan pekerjaan yang terencana tanpa memiliki dana.  Dan itu pula yang terjadi pada pertemuan Rapat Gabungan antara Pengurus Harian Punguan, Kordinator Wilayah, Komisaris, Panitia Bonataon. Semua yang menghadiri rapat pada Minggu, 31 Oktober 2010 di Aula HKBP Petojo, terlihat sangat bersemangat bahwa Pesta Bona Taon 2011 tetap akan berlangsung dengan baik. Mudah-mudahan Tuhan Memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: